Jumat, 25 Mei 2012

Pantai Nampu "Bukti Keindahan Karst Wonogiri"

Share this history on :

Sudah bukan rahasia lagi bahwa di sepanjang tepi selatan pulau jawa banyak sekali terdapat pantai-pantai yang sangat indah. Pantai Nampu di Wonogiri mungkin juga salah satunya. Pantai ini terletak di desa Dringo, kelurahan Gunturharjo Paranggupito Wonogiri, sekitar 70 km dari pusat kota Wonogiri.

Pantai Nampu adalah pantai karst, sehingga berpasir putih. Kontur pantai ini tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai karst lainnya seperti pantai siung, klayar dan srau. Pintu masuk pantai ini berada diatas tebing, untuk menuju ke pantai kita terlebih dahulu menuruni tangga buatan sepanjang 200 meter. Pantai nampu membentang sekitar 400 meter.
Bagi anda yang hobi berpetualang, Pantai Nampu tidak hanya menawarkan wisata yang menyenangkan, namun juga lokasi susur pantai yang lumayan. Terdapat sekitar 7 pantai di samping Pantai Nampu (6 pantai lain belum punya nama, jadi kami menamai salah satu pantai dengan nama Pantai Bokong). Setiap pantainya dibatasi dengan tebing karst. Bila kita ingin menuju ke pantai lain, kita harus berjalan melalui jalan setapak menaiki bukit kemudian turun lagi ke pantai yang lain. Cukup melelahkan memang, namun keperawanan 6 pantai yang lain tentunya akan membuat semua perjuangan kita tidak sia-sia.
Menuju pantai Nampu dari Solo, kami menyarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Dari solo kita langsung menuju Pracimantoro, dari sana kita cari kecamatan paranggupito kemudian melalui jalanan kecil diantara bukit-bukit karst menuju desa Dringo. Perjalanan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam. Bagi anda yang lebih suka menggunakan angkutan umum, bisa menumpang bis Solo-Pracimantoro kemudian menyewa ojek sampai pantai nampu (dengan biaya lebih mahal tentunya). Karena pantai Nampu adalah pantai yang belum banyak dikenal, sehingga penjual makanan di pantai ini juga masih sangat sedikit sehingga kami merekomendasikan supaya anda membawa bekal sendiri dari rumah.

Photo by : Bima Handoko (owner), Raditya Yudha Prasetya

1 komentar:

Tag Cloud

perjalanan (9) tapak lajang (9) wisata (9) pantai (7) nusantara (5) cerita (4) pacitan (4) camp (2) jogjakarta (2) siung (2) solo raya (2) banyu tibo (1) buyutan (1) candi (1) cetho (1) dieng (1) fotografi (1) lawu (1) nampu (1) sun rise (1) wediombo (1) wonogiri (1) wonosobo (1)