Minggu, 21 Oktober 2012

Sikunir Hills, When the Golden Rises..

Share this history on :




Terletak di kawasan komplek wisata Dieng Plateau, Bukit sikunir merupakan salah satu spot wisata utama di kawasan ini selain telaga warna dan kawah dieng. Bukit sikunir menjadi spot wisata favorit karena menawarkan pemandangan yang luar biasa, khususnya pemandangan matahari terbt yang disebut sebagai “The Golden Sun Rise”.


Bukit sikunir berjarak sekitar 200 Km dari kota solo dan dapat ditempuh menggunakan transportasi pribadi maupun umum. Menggunakan angkutan umum, kita bisa naik bis jurusan solo-jakarta yang melalui jalur selatan dan turun di kota Wonosobo, ganti bis ke jurusan dieng (bis habis sekitar pukul 3. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kita bisa menempuh 3 jalur berbeda, pertama lewat jalur jogja, dari solo kita menuju ke jogja ambil arah magelang kemudian kearah kecamatan Secang, belok kiri menuju arah temanggung lanjut ke wonosobo dan ke dieng, jarak tempuh jalur ini paling jauh, namun jalurnya enak dan high speed sehingga nyaman bila menggunakan kendaraan roda empat. Yang kedua jalur Selo, yang membedakan dengan jalur jogja adalah saat menuju magelang kita tidak lewat jogja, tapi lewat kecamatan selo Boyolali. Jalur ini lebih dekat dibanding jalur jogja namun jalurnya naik turun khas lereng pegunungan, jalur ini kami rekomendasikan bila menggunakan motor, khususnya motor sport yang bertenaga lebih. Yang ketiga adalah jalur ambarawa, dari Solo kita menuju ambarawa kemudian belok kiri sampai Kecamatan Secang, kemudian menuju arah temanggung, wonosobo sampai dieng. Jarak tempuh sama dengan jalur selo, Jalurnya cenderung datar dan ramai sehingga rawan macet.


Tiba di Dieng, kita masih harus melanjutkan perjalanan ke Desa Sembungan (diklaim sebagai desa tertinggi di pulau jawa). Untuk masuk ke desa ini kita dikenai tarif 4.000 rupiah per orang, di desa ini terdapat “Anak Gimbal” yang konon merupakan raja dan ratu Dieng. Masuk ke desa sembungan, kita bisa langsung menuju telaga cebong yang merupakan pintu gerbang menuju bukit sikunir. Di telaga ini kita sekaligus bisa menitipkan kendaraan dengan tarif 5.000 per malam (motor) sekaligus membayar pajak mendirikan tenda 5.000 pertenda.

Dari Telaga Cebong, kita harus mendaki bukit sikunir, jarak menuju puncak sekitar 1,5 km dengan trek seperti jalur pendakian gunung. Puncak bukit ini adalah 2 gundukan tanah di arah barat dan timur, kita bisa mendirikan tenda diantara 2 gundukan tersebut. Puncak bukit ini berada pada ketinggiam sekitar 2200 mdpl, sehingga perlengkapan standar pendakian gunung sangat disarankan untuk dibawa karena tempat ini sangat dingin apalagi pada musim kemarau panjang, suhunya bisa mencapai titik beku dan membentuk butiran embun beku yang disebut sebagai “Bun Upas”.


Pagi hari merupakan moment paling ramai di tempat ini karena banyak orang ingin melihat Golden Sunrise yang merupakan andalan bukit sikunir. Bila anda ingin mengabadikan momen golden sunrise, sebaiknya mengambil spot di puncak barat, karena selain lebih sepi, kerumunan orang di puncak timur bisa menjadi objek siluet yang akan membuat hasil foto anda lebih bercerita.

"The Golden Sun Rise"

0 komentar:

Posting Komentar

Tag Cloud

perjalanan (9) tapak lajang (9) wisata (9) pantai (7) nusantara (5) cerita (4) pacitan (4) camp (2) jogjakarta (2) siung (2) solo raya (2) banyu tibo (1) buyutan (1) candi (1) cetho (1) dieng (1) fotografi (1) lawu (1) nampu (1) sun rise (1) wediombo (1) wonogiri (1) wonosobo (1)