Jumat, 13 Juli 2012

Pantai Banyu Tibo, Surga Yang Lain Di Pacitan,,

Share this history on :


Pantai Banyu Tibo (Grojogan) adalah salah satu surga tersembunyi di Pacitan. Sesuai namanya, daya tarik utama pantai banyu tibo adalah air terjun yang tidak terlalu besar yang mengalir dari mata air bawah tanah khas kawasan karst. Pantai ini termasuk pantai landai yang berpasir putih dengan lebar hanya sekitar 30 meteran dan dikelilingi karang yang cukup tinggi sehingga membutuhkan sedikit perjuangan untuk turun ke bibir pantainya.

Pantai banyu tibo terletak di desa widoro kec. Donorejo pacitan yang merupakan daerah perbatasan pacitan – wonogiri dan berjarak kurang lebih 110 km dari kota solo. Untuk mencapai pantai ini, kita bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Menggunakan kendaraan umum dari solo kita naik bus menuju pracimantoro, kemudian menumpang angkutan lokal sampai di pertigaan desa widoro kemudian berjalan kaki sejauh 4 km menuju pantai banyu tibo. Bila menggunakan kendaraan pribadi, kita akan menempuh jalur yang sama, kita bisa membawa motor sampai ke bibir pantai, bila kita membawa mobil, kita bisa parkirkan di desa terakhir sekitar 2 km dari pantai.

Karena belum banyak dikenal orang, pantai banyu tibo masih sangat sepi, biasanya hanya ada para nelayan yang beraktivitas disana. Pantai ini sangat cocok untuk anda yang hobby berwisata dengan ongkos yang terbatas karena kita tidak akan dikenakan biaya retribusi ataupun biaya parkir. Namun imbasnya adalah di pantai ini kita tidak akan menemukan fasilitas apapun kecuali gubug semi permanen milik nelayan yang bisa untuk berteduh. Untungnya, ada air terjun dengan air tawar yang jernih yang bisa digunakan untuk sekedar membasuh muka ataupun untuk mandi jika anda punya cukup nyali.

Pantai Nampu yang terlihat dari pantai Banyu Tibo..

4 komentar:

  1. wah mantep ni tempat....dulu...:( nyari tempat ini gak ketemu.
    Nice info bung......:D

    BalasHapus
  2. Aku sudah dua kali ke Pantai Klayar, namun belum sempat mampir ke Banyu Tibo ... semoga kapan-kapan lagi aku punya mood kesana lagi, dan kuusahakan mampir ke Bayu Tibo untuk menyaksikan keindahannya dengan mata kepala sendiri, ga hanya lewat foto-foto yang diunggah di internet :)

    BalasHapus

Tag Cloud

perjalanan (9) tapak lajang (9) wisata (9) pantai (7) nusantara (5) cerita (4) pacitan (4) camp (2) jogjakarta (2) siung (2) solo raya (2) banyu tibo (1) buyutan (1) candi (1) cetho (1) dieng (1) fotografi (1) lawu (1) nampu (1) sun rise (1) wediombo (1) wonogiri (1) wonosobo (1)